Halaman

WARNING!!
Please do not post links crack / patch in your comment

Wednesday, October 26, 2011

XtraTabbedMdiManager DevExpress

Didalam DevExpress di sediakan control untuk membuat form bisa langsung berbentuk MDI, bisa berbentuk Tab atau Windows. berikut contoh program menggunakan XtraTabbedMdiForm.

Buatlah New Project, namakan XtraTabbedMdiManagerProject, setelah terbentuk pada tambahkan windows form sampai terbentuk form2, form3 dan form4.

Pada form1, tambahkan BarManager , kemudian tambahkan dengan Menu dan beri nama File, dari File tambahkan tiga (3) tombol button , tambahkan juga control XtraTabbedMdiManager sehingga akan terbentuk seperti ini :


pada form2 saya sertakan gridcontrol, untuk form3 saya sertakan XtraTabPage, untuk form4 saya sertakan SplitContainerControl dan saya setting di properties untuk horizontal = False.
Untuk memanggil form lainnya, tambahkan scripts berikut pada setiap tombol button :
 My.Forms.Form2.MdiParent = Me
 My.Forms.Form2.Show()
 My.Forms.Form2.WindowState = FormWindowState.Maximized


lakukan hal yang sama untuk tombol button lainnya, ganti from2 dengan nama form lainnya, jika sudah selesai jalankan program dengan menekan tombol F5


Hasilnya akan tampak seperti di atas, jika anda panggil form2, form3 dan form4, maka di tampilan utama akan berbentuk Tab seperti yang di garis merah. untuk letak Tab anda bisa di kiri, kanan, bawah atau atas, anda bisa setting di properties HeaderLocation .


Salam

Download source code:
XtraTabbedMdiManager

12 comments:

  1. model MDI ini klo saya menggunakan fitur standart VS2010 terjdi sedikit masalah guru..
    msalahnya yaitu ketika form child ingin diload sbg child dia tampil begitu lambat sehingga terlihat satu2 form menyusun bagian2nya.. kurang apik rasanya..
    apakah ada solusi lainnya atau saya harus gmn??

    mohon pencerahannya guru
    trimakasihh :D

    ReplyDelete
  2. Mas Rehan...
    boleh saya tahu spesifikasi komputer terutama memory yang digunakan, pakai VS2010 Ultimate dan Win 7 ?atau apa
    saya coba di komputer saya dengan spesifikasi Win7, VS2010 Pro , Core i5, Memory 2 GB tidak masalah...

    ReplyDelete
  3. Oo.. iya mav guru krang jelas.. klo msalah speknya saya make win7, core2duo, memory 2Gb..

    tu blum dclientny yah... pdahal clientny kan speckny byasa2 saja..

    sya nyoba diclient yg core i3, ram 2gb, seven,, jg sama sja tuh guru
    dah terlanjur jdi Aplikasinya,, apa sya harus migrasi ke DevEx nih..? moga2 punya'y DevEx bisa manis

    ReplyDelete
  4. VS2010 Ultimate guru..
    bedakah sama yg PRO?

    ReplyDelete
  5. Mas Rehan..
    saya coba di client P4 3 Ghz dan Memory 1GB, ga masalah....
    coba mas rehan download versi devexpress yg sudah saya compile, jika ini berjalan bagus, berarti ada maslah dari sisi program di mas rehan sehingga membuat Load form jadi lambat...
    secara pengalaman ada 2 yang umum membuat form load jadi lambat :
    1. waktu load form, juga berbarengan dengan koneksi ke database
    2. waktu load form, juga berbarengan dengan pengecekan ke hardware/jaringan...

    mungkin masih banyak yang lainnya, tapi secara umum ya dua itu...

    coba download :
    http://www.mediafire.com/file/1939l323blbwpwr/XtraTabMdiManager.rar

    ini saya buat di vs2010, pakai DevExpress...

    kalo punya mas rehan pakai standard, harusnya lebih ringan dari sample program saya, karena contoh program saya pakai component tambahan...

    ReplyDelete
  6. Trimakasih untuk pencerahannya
    saya coba duluu...

    ReplyDelete
  7. pak, klo pengen nampilin icon di header form child'nya gmna
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  8. mas,
    kl qt bkin applikasi devexpress trus bikin installernya.
    kl qt instal di pc laen yg gk ad devexpress msih bisa jalan ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu saja bisa, dan memang tidak perlu install DevExpress, karena nanti pada saat anda buat Setup and Development dari Visual Studio, component-component DevExpress akan ikut terbawa

      Delete
    2. thanks mas buat pencerahannya.. :)
      oh y, minta bantuannya lgi ni mas..
      bisa ga bikin installer + database sqlserver.
      soalnya kl q blm tw caranya, apakah di pc client harus qt install sql server trus databasenya qt pindahke folder sqlnya?
      bisa gak tanpa instal sql di pc client qt pake appny?

      Delete
  9. asik nih tutorial devexpress bahasa indo

    ReplyDelete
  10. mas.. apa bisa form child dimasukkan ke menu mdi nya melalui form lain.
    misalkan dari form5. mhon pencerahannya mas :)

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Search This Blog