Halaman

WARNING!!
Please do not post links crack / patch in your comment

Friday, October 21, 2011

BarManager DevExpress


Jika kita membuat program yang banyak melibatkan form, maka kita perlu mengatur kapan form tersebut di buka atau di tutup, mungkin kita lebih sering sebut "Form Utama/Main Form". Pada form utama ini terdapat Menu untuk menjalankan form tersebut.

Di dalam DevExpress, ada control BarManager yang bisa membuat Menu tersebut, BarManager ini berfungsi untuk mengatur hal yang berhubungan dengan form/usercontrol di dalam program pada form utama. Untuk lebih jelasnya kita mulai dengan membuat New Project pada Visual Studio, namakan project tersebut dengan controlbarmanager, jika sudah maka akan muncul form1, ganti nama form1 menjadi MenuUtama(form inilah yang disebut Form Utama/Main Form), kemudian pilih BarManager di Toolbox, seret dan lepaskan pada form MenuUtama.

Pada tampilan awal akan terbentuk 3 bar, yaitu :
1. bar2 (paling atas, nama barnya/BarName = Main menu)
2. bar1 (nomor 2 dari atas, nama barnya/BarName = Tools)
3. bar3 (paling bawah, nama barnya/BarName = Status bar)

Pada masing-masing bar ada tulisan yang [Add], klik bar2(paling atas) pada [Add] kemudian isikan dengan pilihan Menu ganti Caption dengan &File, kemudian klik lagi pada [Add] dan isi dengan Menu, ganti Caption dengan &Edit.


Setelah selesai klik pada Menu &File, maka akan muncul Dorpdown, klik pada [Add], kemudian tambahkan tombol Buton(BarButonItem) kemudian ganti Caption dengan Form Child, lakukan untuk yang lainnya seperti gambar berikut :


Jika telah selesai tambahkan dalam project 3 (tiga) windows form, beri nama untuk form tersebut seperti frmChild, frmShow dan frmShowDialog.

Kemudian isikan dalam Event Click untuk masing-masing Button(BarButtonItem) untuk memanggil form-form tersebut. Pada sample source code, untuk memanggil form-form tersebut di panggil secara berbeda-beda, ada yang sebagai Child, Show dan ShowDialog. Anda bisa melihat ketiga perbedaan tersebut pada saat form utama di jalankan.


Jika form utama dijalankan akan tampak seperti itu, anda bisa mengolah BarManager ini di sesuaikan dengan kebutuhan anda.
Semoga membantu .....

Salam

Download source code:

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Search This Blog