Halaman

WARNING!!
Please do not post links crack / patch in your comment

Monday, October 10, 2011

Skins DevExpress 1

Hal lain yang menarik adalah Skins , di dalam DevExpress di sediakan banyak Skins standard bawaan yang sudah tersedia, kemudian di tambahkan lagi Skin tambahan berupa Bonus dan Office Skins. Saat ini kita akan bahas dasar penggunaan skins dalam program.
Buatlah New Project atau jika sudah ada maka langsung saja Add Windows Form :


Pastikan anda memilih DevExpress form (versi tergantung anda menggunakan DevExpress berapa), ganti namanya menjadi SkinsSample atau terserah anda. jika sudah klik Add, maka akan terbentuk windows form baru, taruhlah beberapa control dari devexpress ke dalam form, atau seperti gambar di bawah ini


Jika anda sudah memberikan beberapa control ke dalam form atau seperti contoh di atas, maka lakukan beberapa setting di Properties From tersebut, caranya klik from utama tersebut(SkinSample), kemudian ke Properties , lakukan perubahan pada LookAndFeel seperti gambar di bawah ini :


Lakukan perubahan seperti pada gambar yang di centang, setelah selesai melakukan perubahan simpan project anda , kemudian tekan tombol F5 atau Run, maka akan tampak seperti gambar berikut :


Anda bisa lihat, semua control yang ada di form akan berubah skins-nya sesuai dengan Skins yang di pilih di atas tadi.
Lalu bagaimana jika kita ingin agar tombol Simplebutton1 berbeda dengan yang lainnya ?
Baiklah, sekarang anda kembali ke pengaturan awal from SkinsSample, kemudian klik tombol Simplebutton1, kemudian anda ke Properties lakukan perubahan seperti gambar di bawah ini :

Lakukan perubahan pada SkinName menjadi Blue dan UseDefaultLookAndFeel dengan False, seperti gambar diatas, jika sudah selesai tekan tombol Run atau F5 maka akan tampak seperti gambar berikut :




Baiklah , kita sudahi Bagian 1 sampai disini dulu, untuk selanjutnya kita akan gunakan Control LookAndFeel dari DevExpress beserta Bonus dan Office Skins.


Salam

7 comments:

  1. mas udin, saya sudah lakukan seperti diatas tapi koq untuk formnya tidak bisa berubah yah, apakah ada yang salah ( kalau untuk windows ribbon tidak masalah ), mohon petunjuk ....

    thq

    ReplyDelete
  2. yang tidak berubah formnya ? mas made jika ingin formnya yang berubah, tambahkan scripts di load form seperti pada artikel di Skins DevExpress 2

    ReplyDelete
  3. bener mas udin, yang tidak berubah itu formnya, saya sudah mengikuti langkah seperti artikel ke 2, saya tambahkan form Devexpress, saya add reference devexpress bonus n office, masukan komponen DefaultLookAndFeel1 saat saya coba ke propertynya tidak bisa untuk di ganti nilai property dari UseDefaultLookAndFeel dari True ke false tidak bisa.

    sebelumnya saya coba dengan ribbon ( untuk menu utama ), awalnya bisa tampil skin bonusnya, saat saya tutup dan saya coba lagi tidak bisa tapi di sini saya tambahkan komponen BarAndDockingController1 disini bisa nilai UseDefaultLookAndFeel menjadi false, tapi saat saya buka skin hanya tampil yang standar saja.

    terima kasih mas atas tangapannya.

    ReplyDelete
  4. ohh.. mengerti saya, mas made terbalik penggunaan UseDefaultLookAndFeel ... begini mas made,
    untuk UseDefaultLookAndFeel itu ada di DefaultLookAndFeel1 dan ada juga di form SkinSample.

    yang di rubah bukan di DefaultLookAndFeel1, tapi di form(SkinsSample), harusnya kalo mas made tambahkan DefaultLookAndFeel1, justru di form dan control lainnya harus di set untuk UseDefaultLookAndFeel = True

    coba mas made perhatikan lagi di Skins DevExpress 2, pada form SkinSample saya membalikkan UseDefaultLookAndFeel = False menjadi UseDefaultLookAndFeel = True
    bukan di control DefaultLookAndFeel1 , kalau di DefaultLookAndFeel1 , mas made hanya merubah SkinName saja

    intinya :
    1. Pada DefaultLookAndFeel1, mas made hanya merubah SkinName saja.
    2. Pada form(SkinSample),simplebuttomn1, simplebuttomn2 di rubah properties untuk UseDefaultLookAndFeel = True

    ReplyDelete
  5. wah benar mas (jadi nggak enak hati nih), tapi untuk yang skin bonus saya masih belum bisa mas, ( agak lemot ), n kalau di menu utama dgn ribon bisa juga dengan skin bonusnya dan mohon caranyanya mas.

    terima kasih lagi mas....

    ReplyDelete
  6. mas made...
    saya sertakan source code pada artikel Skins DevExpress 2... moga bermanfaat

    ReplyDelete
  7. wah terima kasih banyak mas, n kirim ke gmail aja yah mas, made.setiawan@gmail.com.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Search This Blog