Halaman

WARNING!!
Please do not post links crack / patch in your comment

Tuesday, January 4, 2011

Cara Remote Komputer Kantor dari Rumah Melalui Internet Dengan RDP

Untuk sekarang ini, internet sudah menjadi kebutuhan untuk sebagian orang, dengan berbagai alasan keperluan, mulai dari Blogger, Chatting, Email, Berita, Jejaring Sosial dan lain sebagainya, nah salah satu lagi alasan adalah untuk keperluan kerjaan nih, misalkan saya punya komputer di kantor yang terhubung dengan jaringan kantor, terus saya mau koneksi ke komputer kantor dari rumah dengan menggunakan Laptop.

Setelah di cari berbagai solusi mulai dari penggunaan Software bantu seperti Radmin, PCAnywhere dan lain sebaagainya, akhirnya ketemu deh yang namanya RDP. asik juga nih otak-atik RDP, sampai ketemu setingan untuk RDP yang pas menurut saya.

Disini saya menggunakan software bantu yaitu HAMACHI versi 1.0.3.0 (Via Internet), singkatnya Hamachi ini mambantu saya dalam membuat satu jembatan antara komputer kantor dengan Laptop di rumah seolah-olah komputer di kantor dengan di rumah berada dalam satu jaringan, pusing ga..? ga usah di pikirkan, itu masalah teknis saja. Hamachi ini gratis loh..Kalau mau download Disini

Lakukan Installasi Hamachi Baik di Komputer Host (Komputer kantor) maupun di Komputer Client (komputer/Laptop di rumah), Lihat cara Install Hamachi
Untuk melakukan Setting Hamachi

Bagimana Setting di Komputer Host
Maksudnya komputer host disini adalah komputer yang akan kita remote (Komputer Kantor), settingnya sederhana kebetulan saat ini saya menggunakan Windows Vista Ultimate x32 , seperti ini :
1. Klik Start --> Setting --> Control Panel --> System atau tekan tombol berlogo Windows kemudian Tahan dan tekan tombol Pause Break, terus muncul deh seperti di bawah ini :




Klik Remote settings yang terletak di sudut kiri atas, maka muncul tampilan seperti di bawah ini :



kalau di lihat di atas, terlihat ada 3 opsi :
1. Don't allow Connections to this Computer
2. Allow connections from computers running any version of Remote Desktop (less secure)
3. Allow connections only from computers running Remote Desktop with Network Level Authentication (more secure)

kalau pilihan pernama jelas bahwa tidak boleh menggunakan Remote Desktop, kalau yang kedua bisa menggunakan Remote Desktop dari komputer yang menggunakan RDP (Linux juga bisa) pokoknya ada RDP bisa masuk, kalau yang ketiga bisa menggunakan Remote Desktop dengan memasukkan username dan password (dianjurkan).

saya pernah coba untuk komputer host menggunakan RDP versi 6, sedangkan client menggunakan versi 5, ga mau tuh... minta di update ke versi 6 dulu katanya (windows ke windows), tapi tinggal download aja dari Microsoft disini :
1. Untuk Windows XP SP2 x32
2. Untuk Windows XP SP2 x64
3. Untuk Windows 2003 Server SP2 x32

cari yang versi lamanya juga ada di microsoft atau ke paman google aja...

melanjutkan yang tadi, karena saya menggunkan dua (2) O/S, yaitu Windows Vista Ultimate dan Fedora Core 2009 (Linux), saya menggunakan Opsi ketiga (biar aman dan yang di anjurkan). Terus saya buat user baru sekelas dengan Administrator
untuk bisa akses ke Komputer Host, kemudian saya masukkan ke dalam daftar user yang boleh koneksi ke komputer host, Caranya :
seperti gambar di atas, di sebelah kanan bawah ada tulisan 'Select Users', klik Select Users maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :



setelah itu klik 'Add' user yang akan/bisa akses sebagai remote user, kalau sudah Klik OK, kemudian klik Apply atau OK, selesai deh setting komputer hostnya.


Bagimana Setting Client
Disisi Client, hanya ini saja settingnya :


diatas terlihat tampilan untuk masuk ke Komputer Host, caranya :
1. Masukkan Nama komputer Host/IP Addres komputer Host (dalam 1 Jaringan), kalau menngunakan Hamachi masukkan Hamachi ID milik komputer host (biar lebih cepet aja)
2. Masukkan Username yang bisa akses ke komputer host (walaupun nanti juga disuruh masukkan username dan password lagi)



nah sekarang anda sudah terhubung dengan komputer kantor anda, lalu bagaimana kalau saya mau cetak/ print di rumah, caranya :


pada saat awal, anda pilih tab 'Local Resource' pastikan printer di checklist (centrang), jadi anda bisa ngeprint dirumah walaupun file tersebut ada di komputer host.

Apakah Ini bisa buat MULTIUSER ?saya pernah coba untuk MultiUser, memang harus ada 'Patch', untuk supaya bisa akses multiuser, silahkan patchnya di cari di paman google, kalau saya hanya untuk belajar saja, saya coba menggunakan Vista (Host), clientnya menggunakan Fedora Core 2009 (pentium 3, memory 256), bisa tuh pakai RDP, belum coba untuk game multiuser, karena setahu saya game multiuser menggunakan IP address, sedangkan untuk RDP Ip Addressnya cuma satu, ya host itu...

Sebenarnya apa yang saya sampaikan amat sangat dasar sekali buat rekan-rekan yang sudah expert dari saya, tulisan ini hanya untuk mengingatkan saya saja, bagaimana cara untuk Remote Desktop, jika ada yang bermanfaat silahkan di coba atau ada cara yang lebih baik dan canggih lagi mohon di share..

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Search This Blog