Halaman

WARNING!!
Please do not post links crack / patch in your comment

Thursday, April 26, 2012

Master Detail - Simple Sample

Master Detail dibutuhkan untuk menyimpan data / informasi yang saling berhubungan antar beberapa Tabel dalam database. Biasanya informasi di Master/Header berisi informasi/data global, sedangkan untuk detailnya berisi informasi/data yang lebih terperinci.

Dalam contoh ini , saya hanya membuat sample program yang sangat sederhana tetapi setidaknya sudah menggambarkan dari Master Detail tersebut.
Beberapa hal yang penting disini adalah :
1. Membuat Table On The Fly
2. Menghubungkan antara control (TextBox) dengan gridview
3. Menampilkan Data ke Gridview dan manipulasi data di Grid
4. Mengambil nilai di GridView dan menampilkannya ke Control (TextBox)
5. Dan lainnya




Dalam contoh di atas, seperti permintaan dari beberapa rekan sekalian, yaitu bagaimana memasukkan TextBox (No Trans) kedalam GridView, kemudian menampilkan hasil Total di GridView (Value) ke dalam TextBox pada saat Runtime (seperti program POS / Cashier).


Mudah-mudahan dapat menjawab beberapa pertanyaan dari rekan-rekan sekalian.

Salam
Udin Sofyan


Download
MasterDetail


2 comments:

  1. wah makasih banget mas ulasannya, saya mengembangkan master detail menggunkan gridviewlookup sbg navigator dgn tujuan supaya user dengan mudah mencari data

    maaf agak oot, ini pertanyaan mendasar, pada winform saya ingin mendapatkan nilai value dari textfield yang visible = false kok tidak bisa ya, atau ada alternatif lain

    ReplyDelete
  2. Wah makasih banget mas Udin buat tutorialnya...tapi masih ada yg saya ingin tanyakan..misalkan ditable database ada kode dan keterangannya..misalkan dirow 1 kita ketik kode maka dirow 2nya muncul keteranganya..gimana caranya agar bisa seperti di gridcontrol??

    thanks mas

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Search This Blog